Sunday, September 30, 2012

Rencana Relokasi Pasar Jepon

Rencana Lokasi Pasar Yang Baru di Desa  Kemloko
Para pedagang pasar jepon saat ini sedang resah, pasalnya rencana relokasi pasar jepon akan segera dilaksanakan. Pemilihan lokasi baru untuk mendirikan pasar yang baru telah ditentukan sebagai pengganti pasar lama, yang dinilai sudah tidak representatif lagi mengingat jumlah pedagangnya yang semakin banyak.

Lokasi baru untuk Relokasi pasar berada di desa kemloko, kurang-lebih 1,5 km kearah utara dari pasar lama. Letak lokasi pasar yang baru memang cukup strategis karena berada tidak jauh dari perempatan jalan desa, artinya dapat dijangkau dari berbagai arah. Namun sayangnya, letaknya agak jauh dari jangkauan alat transportasi umum. Berbeda dengan lokasi pasar jepon saat ini yang berada di jalur transportasi umum dari arah blora ke cepu atau sebaliknya.

Menurut informasi,rencana relokasi pasar jepon dikarenakan adanya rencana tata kota blora secara keseluruhan. Setelah pasar jepon direlokasi, maka pasar jepon yang lama akan dijadikan sebagai Alun- Alun Jepon ( menurut isu-isu yang berkembang saat ini ). Informasi lain, relokasi pasar dilakukan karena banyaknya pedagang yang berjualan dipinggir jalan, dan ini dianggap mengganggu ketertiban lalulintas.

Apapun alasan untuk rencana relokasi pasar jepon, seharusnya sudah melalui studi kelayakan relokasi pasar jepon. Karena hal ini menyangkut kepentingan banyak pihak, terlebih lagi untuk para pedagang yang akan berpindah tempat untuk berjualan, karena merekalah yang akan merasakan efek psikologis dan jangan sampai merasa dirugikan. Kita lihat saja nanti setelah para pedagang ini direlokasi ke lokasi pasar yang baru.

No comments:

Post a Comment