Thursday, September 27, 2012

Krisis air yang biasa terjadi

Krisis air yang biasa terjadi setiap tahunnya di blora, kondisi kekeringan ini akan terus terjadi setiap musim kemarau tiba. Bukan rahasia lagi jika kekeringan ini akan terus berlanjut tanpa ada antisipasi dan solusi untuk  mengatasi keadaan ini. Bantuan air bersih dengan mengirimkan truk-truk tanki hanyalah solusi yang bersifat sementara.

Beberapa bendungan dan embung yang dibuat untuk mengatasi kondisi kekeringan ini tidak dapat berfungsi secara maksimal. Debit air yang tertampung tidak mampu mencukupi kebutuhan karena musim kemarau yang panjang. Saat ini kondisi bendungan- bendungan telah kering tanpa ada sisa air yang dapat digunakan oleh warga.

Secara swadaya masyarakat blora membuat sumur-sumur dirumah masing-masing, hanya dengan cara memanfaatkan air tanah secara maksimal, kebutuhan air bersih pada musim kemarau dapat teratasi. Namun, ternyata cara ini tidak dapat dilakukan disemua wilayah, pada wilayah yang mengalami kekeringan cukup parah, biasanya dikarenakan pemanfaatan air tanah tidak dapat dilakukan. Hanya dengan mengandalkan pasokan air bersih dari truk-truk tanki air yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan bantuan air dari organisasi massa, kebutuhan air bersih dapat tercukupi.

Krisis air yang biasa terjadi setiap tahunnya ini seakan telah menjadi sebuah kebiasaan dan tanpa solusi yang memuaskan.( Bloralicious )

No comments:

Post a Comment